Berita Terkini

Pelibatan Seluruh Sumber Daya Nasional Perlu Diatur dalam Sebuah UU

Berita Terkini | 2015-07-06 15:35:16 | 14 Kali Dibaca

Jakarta, DMC  Pada saat ini Indonesia membangun pertahanannya dengan berdasarkan sistem pertahanan rakyat semesta atau sistem yang melibatkan seluruh sumber daya yang dimiliki negara untuk menghadapi ancamannya.Dalam sistem ini pertahanan negara tidak hanya menjadi tanggungjawab lembaga tertentu (TNI atau Kementerian Pertahanan) saja, tetapi menjadi hal dan kewajiban seluruh komponen bangsa seperti yang tercantum dalam UUD 1945 pasal 1 dan 2.

Pelibatan seluruh sumber daya nasional untuk pertahanan negara memerlukan pengaturan dalam sebuah undang-undang yang disusun berlandaskan demokrasi, penghormatan terhadap hak asasi manusia dan supremasi sipil. Untuk itu Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan (Ditjen Pohan) Kemhan menyelenggarakan Sosialisasi RUU tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara di Lingkungan Kemhan, Senin (6/7), di Kemhan Jakarta. Baca Selengkapnya...

Siaran Pers Terkini

Kapal Angkut Tank Berteknologi Canggih Produksi Dalam Negeri Diserahterimakan

Siaran Pers | 2015-06-17 17:15:52 | 1370 Kali Dibaca

Industri pertahanan dalam negeri kembali membuktikan keberhasilannya dalam mendukung pemenuhan alutsista khususnya untuk TNI Angkatan Laut. Hal ini terbukti dengan telah diproduksinya Kapal Jenis Angkut Tank yang diberi nama KRI Teluk Bintuni-520 dibuat oleh Galangan Kapal PT.Daya Radar Utama (DRU) Lampung.

KRI Teluk Bintuni-520, diserahterimakan dari PT DRU kepada Kementerian Pertahanan, dan diteruskan kepada MabesTNI dan TNI Angkatan Laut dalam hal ini Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) sebagai pengguna, Rabu (17/6) di galangan PT. Daya Radar Utama (DRU), Lampung, Sumsel.

Serah terima Kapal Angkut Tank berteknologi canggih tersebut disaksikan langsung oleh Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu, Wakasal Laksdya TNI Widodo, S.E., M.Sc. dan Gubernur Lampung M Ridho Ficardo. KRI Teluk Bintuni-520 dalam penyelesaiannya juga melibatkan anak bangsa lulusan Institut Teknologi Surabaya (ITS). Baca Selengkapnya...